Monday, December 04, 2006

Sirup Pisang Ambon.

Bagi yang pernah tinggal di Makassar atau Sulawesi Selatan mungkin sirup ini pasti tidak asing di dengar, iya sirup Pisang Ambon cukup populer di Makassar dan di Sulawesi Selatan.

Saya pertama kali mengenal sirup ini, gara-gara ada sahabat saya Arri minta oleh-oleh sirup ini. Hal yang sebenarnya agak aneh bagi saya karena teman-teman yang lain biasanya tanyanya sirup markisa bukan sirup pisang ambon. Pada waktu itu kira-kira baru 3 bulan saya di makassar. Arri pesan kalo pulang ke Surabaya minta di bawaain Sirup pisang Ambon. Saya pikir waktu itu benar-benar sirup dari pisang ambon. Saya sempet bingung juga nyarinya sempet tanya-tanya dulu juga. Yup akhirnya dapat juga (gimana arri mau nitip lagi gak?)

Bagi yang belum tahu sirup ini benar-benar tidak ada kandungan pisang ambonnya, jadi jangan bayangin dari sari pisang ambon, wah jauh deh. sirup yang di produksi oleh perusahaan syroop sari buah DHT, makanya orang makassar lebih sering menyebutnya dengan sirup DHT. Kalo saya baca kandungan bahannya terdiri dari 65% gula, Air, Aroma dan pewarna. nah dah jelaskan gak ada pisang ambonnya. Tahu deh nama pisang ambon itu dari mana ya... :D

Harganya sendiri lumayan murah terkhir saya beli cuma Rp.7.400,- tapi sayang sirup ini gak cocok buat oleh-oleh karena botol tempatnya yang terbuat dari kaca selain berat juga mudah pecah karena tidak ada pembungkus lain semacam kardus di luarnya.

Orang makassar sendiri sudah terbiasa menggunakan sirup ini sebagai pengganti gula saat membuat minuman es semacam, es pisang ijo, palu butung, es campur dan lain-lain. Memang sirup dengan warna merah ini memberi aroma yang khas jadi minuman yang dah di siram dengan sirup ini jadi makin menggoda. Biasanya saat bulan ramadhan dan lebaran sirup ini bakal banyak dicari oleh orang-orang karena cocok untuk disajikan saat menjelang berbuka...wuihhh mak nyes deh minjem istilahnya wisata kuliner di Trans TV.

Gimana mau coba?...he..he...

8 comments:

budhe said...

Aku juga mau oleh-oleh sirup pisang (gimana rasanya ya?..*mode. mikir.com*) Kalo botolnya keberaten, pindahin aja ke botol plastik. Gitu aja kok repot.

Anang said...

wah boleh juga nyoba ahh

om7ack said...

wahh.. tapi saya kurang suka pisang ambon pak, kalo sirup pisang raja ada gak ya :D

*garink - ketok pake palu*


-=|[bersilaturahmi denGan komentar]|=-
-=|[gretong bilang:budayakan berkomentar]|=-

endhoot said...

loh ada Anang?
loh ada Jack Sumpit?
kok dah pada komen... hiihihi...

hai hai Laksono
makasih udah mampir n komen di blog-ku
dikau lulusan Unair juga to ternyata?
tapi jauh ya... aku angkatan 92
temen2 aku ada yg Akuntansi 90

eh, mau dong sirup pisang Ambon

btw, Bulukumba tuh di mana ya? *peta buta eh buta peta deng*

Aris Heru Utomo said...

boleh juga tuch sirop pisang ambonnya. Ditempat saya juga ada sirop pisang ambon, hanya saja ada alkoholnya.

Munawir said...

hmm... sirup pisang ambon... DHT... hiks jadi kangen rumah.. kalo bulan puasa.. jadi favorit nih... stocknya di CARREFOUR aja ampe habis... belinya pun dijatah... kalo mo murah sih beli aja di pabriknya di GOWA... murah banget... malah bisa beli pake jerigen... he he he...

Arri said...

wah, ga nyangka bisa melihat botol DHT lagi... dah lama sekali tidak melihatnya... terakhir pas Tri ngebawain dari Makassar.. huehehehe...

kayaknya satu penghargaan deh, ada nama saya di blog yang satu ini... sampai senyum2 sendiri... terutama episode dikau merasa aneh karena permintaan yang tidak lazim ini... tapi tenang Tri, dikau tidak sendiri, karena Ibu-ku sendiri juga terheran-heran pas tau saya bisa mendapatkan sirup satu botol itu... apalagi setelah tau cara mendapatkannya adalah dengan menitip ke dikau.. mungkin Beliau berpikir, kok ya ada saja temannya Arri yang mau dititipin yang aneh2...

eh, bicara soal sirup pisang ambon, ternyata di Jakarta dan sekitarnya, ada juga sirup yang rasanya mendekati DHT... mereknya Tjampolay (baca: Campolai) rasa pisang susu... kalo dibaca dari komposisinya ya sama kayak DHT.. no banana at all.. tapi ya buat obat kangen ama DHT, hehehe... cuma warnanya cenderung oranye.

how I miss DHT....

Ahmad Amri Amiruddin said...

selamat pagi agan2.
saya di makassar, terima pesanan sirup dht, dalam kemasan botol dan juga kemasan jerrican ( 2 s.d 5 liter). kiriman via jne.
silahkan sms di 087841123421