Thursday, December 14, 2006

Akhir tahun bikin Mumet

Dah hampir akhir tahun lagi, waktunya sibuk deh bikin Laporan Keuangan Tahunan, jadi jarang ngeblog apalagi blogwalking walo kadang gak tahan jadinya nyempet-nyempetin juga. Banyak temen juga yang tanya “kenapa jarang on line? Ya gintu deh jangankan nge blog on line aja juga jarang.

Kenapa koq mumet? Ya tanggung jawab akuntan adalah menyajikan laporan yang tepat dan dapat di percaya. Dan laporan keuangan sendiri mencerminkan kondisi asset perusahaan pada saat itu dan kinerja perusahaan selama periode tertentu. Dan periode ini biasanya satu tahun makanya setiap akhir tahun kita sangat sibuk. Dari inventarisasi, rekonsiliasi dan lain-lain. Untuk memastikan bahwa yang tersaji di dalam laporan keuangan merupakan kondisi yang sebenarnya dan yang pasti cara penyajiannya harus sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku. Tapi kenapa koq akhir tahu aja ? ya sebenarnya bukan Cuma akhir tahun aja tapi kalo akhir tahun kan cut off semuanya jadi tutup buku isitilahnya.

Jadi inget rasanya saya dulu gak perna kepikiran bakal jadi akuntan seperti sekarang, dulu di SMA juga ambil Fisika pinginnya lanjut ke teknik tapi nasib mengantarkan saya lolos UMPTN dan masuk ke jurusan Akuntansi. Gak perna kebayang punya gelar SE.Ak dibelakang nama saya. karena gak ada modal dan bayangan akuntansi jadinya ya gitu asset itu apa gak ngerti mata kuliah yang ada kata akuntansi pasti ngulang di 3 semester pertama hehe... alhamdulilah bisa lolos juga. Akuntansi merupakan ilmu logika menurut saya. selalu menganut sistem keseimbangan ketika ada yang bertambah pasti ada yang berkurang ada debet pasti ada yang di kredit.

Udah dulu kerja lagi, kapan-kapan dilanjut ceritanya ...


9 comments:

landy said...

mas, akuntan juga toh sama donk, semangat mas, saya juga pusing, mikirin pembukan yg gak kelar 2

Anonymous said...

Mangkane aku gak seneng dadi akuntan Mas, soale nggarakno mumet, ngitung duit wong.. he..he..

Munawir said...

akuntan jugaa manusiaaaaa.....

yang teliti mas... ntar salah itung... hehehehe....!!!! saya juga kerja laporan tahunan nih... tapi ga mau utak-atik keuangan... ga ngerti :)

b0wo said...

well gw bukan seorang akuntan mas, tapi biasanya laporan keuangan itu penuh hal "goreng-menggoreng" angka....begitukah??
dan klo pake exel..fasilitas "goal seek" pasti lebih populer.. ya gak mas??

afin yuliani said...

hehehehe...ati2 Bapak Laks, kurang nol susah lho carinya, gak mungkin lho diganti telur

passya said...

bukannya semua bisa diselesaikan dengan mudah oleh software?
kadang2 IT bikin SE akuntansi jadi bengong ya... capek2 belajar eh...

Anang said...

semangat bikin laporan pak! jangan sampe salah hitung... bisa berabe tar...!! apa butuh kalkulator sayah?

Barry said...

maaf nih ngga bisa bantuin :) semoga kepala pusing dan penat bisa cepat sembuh. cheers!

rara said...

hehehehe
tetap semangat yaaa!!!!
ganbatte :)