Friday, November 03, 2006

AQIQAHAN Rafi...

Hari Sabtu pagi 28 Oktober 2006 kemarin kami mengadakan aqiqahan putra kami Muhammad Rafi Iman Rabbani, kebetulan juga pada tanggal itu Rafi tepat berusia Satu bulan. Walau Acaranya sederhana tapi ternyata ribet juga loh....Dari persiapan cari kambing, menyembelih, memasak, sampai undangan-undangannya...Ya Alhamdulilah Tapi semuanya Lancar.

Waktu Mencari Kambing sempet susah juga karena mepet-mepet dengan lebaran acaranya. Iya karena Putra kami Laki-laki maka kambing yang disembelih 2 ekor, potong kambingnya di halaman depan rumah, yang motong diserahkan ke saudara Bakasnya Rafi ( Bakas = panggilan Kakek untuk orang yang berasal dari Kayu Agung). Karena acaranya Aqiqahan hari Sabtu pagi, kambingnya di potong hari Jumatnya Pagi-pagi. waktu potong kambing banyak di bantu sama tetangga dan saudara-saudara deket.



“Dari Ummi Kurz Al-Ka’biyyah, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:
“Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang berdekatan umurnya
dan untuk anak perempuan satu ekor kambing”
(HR. Ahmad 6/422 dan At-Tirmidzi 1516)



Habis itu siangnya langsung dimasak, rame-rame juga ama saudara dan tetangga-tetangga juga, selain itu juga persiapan bersih-bersih rumah. Maklum ternyata adat palembang kalo aqiqahan pake rebutan telur dan Bendera, jadi jumat itu juga kita bikin hiasan bendera-bendera sama telurnya juga. Katanya kalo telurnya sama benersanya jadi rebutan anak yang di aqiqahin bakal disukai banyak orang, cepet ketemu jodoh dll. Eh iya benderanya ini jadi rebutan karena ada duitnya...:)

Acaranya Aqiqahannya pagi jam 8, yang diundang tetangga-tetangga sama saudara-saudara deket saja sebelumnya kami sempet juga kawatir kalo Rafi nanti rewel, Rafi gak begitu suka suasanan yang agak ribut atau diciumin atau dielus-elusin orang-orang seperti waktu lebaran kemarin rafi agak rewel. Jam 9 acara baru di mulai. Acaranya seperti Aqiqahan pada umumnya. Pembukaan. Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an, dan seterusnya kemudian Acara Mencukur rambut, dan pemberian nama. Sebelum dicukur dan di resmikan namanya ada acara rebutan telur dan rebutan bendera. Acaranya jadi rame dan agak lucu juga pas rebutan benderanya. Iya Rafi benernya pas dikelilingkan tidur tapi pas mau dicukur atau di gunting rambutnya malah bangun, ya jadinya di potong rambutnya sambil minum susu. Tapi alhamdulilah Rafi pinter banget mengerti dan gak rewel.
Setelah acara semua selesai kemudian di tutup dengan berdoa dan dilanjutkan makan-makan.


“Setiap yang dilahirkan tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan dicukur rambutnya serta diberi nama”
(HR. Ahmad dan Ashabus Sunan)


Aqiqah sendiri sebenarnya menanamkan jiwa sosial dan tolong menolong antar tetangga, menanamkan jiwa keagamaan kepada anak,selain itu sebagai tanda syukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kami.

Sedang mencukur rambut merupakan sunah yang dianjurkan, untuk membersihkan kotoran dan membuka pori-porinya, yang katanya bisa menguatkan indera pengelihatan, Pendengaran dan Penciuman


Ibnu Al-Qoyyim berkata:
“Mencukur rambut adalah pelaksanaan perintah Rasulullah SAW untuk menghilangkan kotoran. Dengan hal tersebut kita membuang rambut yang jelek/lemah
dengan rambut yang kuat dan lebih bermanfaat bagi kepala dan lebih meringankan untuk si bayi. Dan hal tersebut berguna untuk membuka lubang pori-pori yang ada di kepala supaya gelombang panas bisa keluar melaluinya dengan mudah dimana hal tersebut sangat bermanfaat untuk menguatkan indera penglihatan, penciuman dan pendengaran si bayi”
(Athiflu Wa Ahkamuhu, hal 203-204)



Ya sekali lagi Rafi banyak mengajari hal-hal baru kepada kami, termasuk Aqiqahan ini...
Semoga Aqiqahan Putra kami ini mendapata Rahmat dan Ridho dari Allah SWT.
Serta Doa kami untuk Rafi agar menjadi anak yang saleh, Banyak memberi manfaat bagi Agama, Bangsa dan keluarganya dapat di kabulkan Amin.. Amin.

Buat Semua yang sudah membantu acara aqiqahan ini kami ucapkan banyak terima kasih. Buat yang sudah datang ke acara Aqiqahan, kami ucapkan banyak terima kasih. Temen temen dari Sulawesi dan Temen-temen Kerja Hardi dan Dora serta jagoannya Mas Hafiz, Emir, Dedek serta temen-temen istriku dari alumni Poltek Unsri kami ucapkan makasih banyak sudah dateng. Sekaligus mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.

Referensi mengenai Aqiqah ini banyak kami peroleh dari www.syariahonline.com

1 comment:

Cara Mengatasi Sumbatan Saluran said...

di blog ini sangat banyak info menarik nya