Wednesday, March 21, 2007

Makassar Memang Beda… (Jilid 1)

Libur hari raya Nyepi kemarin yang jatuh hari senin membuat liburan weekend ini jadi lebih panjang. Sebenarnya saya bingung mau ngapain libur tiga hari pinginnya pulang ke palangkaraya, cuma baru hari rabu kemarin saya baru dateng dari Palangkaraya. selain itu duit juga lagi cekak. dari pada nyepi sendirian di Bulukumba karena gak pulang ke Rafi. Saya akhirnya janjian sama Jae untuk ke Makassar. Kami berdua berangkat hari sabtu pagi naik Mobil umum. Menjelang tengah hari kami baru sampai ke Makassar. Rencana ke Makassar dah kami susun, si Jae ingin cari oleh-oleh dari balsem minyak tawon sampai kain dan baju khas Makassar. Saya sendiri cuma pingi muter-muter makassar cari mainan buat jagoan ku Rafi selain juga ingin cuci mata ngusir kejenuhan di Bulukumba. tiga hari waktu yang cukup lumayan banyak untuk keliling makassar dan banyak tempat yang bisa di kunjungi buat jalan-jalan.


Sop Konro Karebosi


Sesampai di Terminal Malengkeri Makassar perut kami keroncongan ditambah suasana mendung makin mambuat perut kami keroncongan, karena Jae yang belum perna makan sop konro karebosi di Jalan Gunung Lampo Batang kami putuskan ke sana naik pete-pete ( Sebutan Angkutan kota di Makassar ) ke arah sentral.

Turun di Lapangan karebosi terus kami jalan menuju Sop Konro Karebosi di Jalan Gunung Lampo Batang No 39 – 41, lumayan jauh juga tapi sesampai di sana hidangan sop konro sudah bisa ngusir keringat kami.

Sop Konro merupakan makanan Khas Makassar dengan bahan daging tulang iga, selain sop ada juga Konro Bakar disini. Karena mendung saya pesan yang berkuah yang anget-anget saya pesen Sop konro, kuah nya memang sedap kalo saya rasa sedikit mirip dengan rawon sebenarnya Cuma sedikit beda racikan bumbunya. Rasanya luar biasa. Kalau anda ke Makassar jangan sampai tidak mampir merasakan makanan ini.

Pasar Sentral, MTC, Lapangan Karebosi dan Gramedia Book Fair

Sehabis makan kami lanjut ke Pasar Sentral dan MTC jalan kaki kembali. Kami melawati juga lapangan karebosi. Di pasar sentral ya gak nemukan mainan rafi yang saya cari. Saya langsung meluncur ke MTC si Jae benerin tali jam tangannya yang putus. Saya sempet Ambil foto Lapangan Karebosi dari atas MTC. Saya kagum masih bisa liat lahan hijau seluas lapangan karebosi. Lapangan ini masih sering digunakan untuk pertunjukan konser musik, kadang tim kebanggaan warga Sulsel PSM kadang latihan juga menggunakan lapangan ini. Hari dah sore, perjalanan 3 setengah jam dari Bulukumba ke Makassar masih kerasa. Kami putuskan pulang. Di jalan di depan monumen mandala lah koq ada Gramedia Book fair saya dan Jae putuskan turun dari pete-pete langsung turun saya ingin cari Novel ”Ketika Cinta Bertasbih” punya Kang Abik yang terbaru sekalian mamanya rafi juga ribut pingin banget Novel ini dah kangen rasanya baca tulisan Kang Abik katanya. Si Jae malah pingin cari “Ayat-ayat Cinta”untuk ceweknya. Saya kaget gedung M Yusuf bener-bener full berjalan susah saking penuhnya saya inget ini hari sabtu kayaknya para pelajar yang pulang sekolah banyak yang mampir kesini. Kami berdua tetep coba masuk tapi rupanya memang susah. Akhirnya kami putuskan pulang dan gak beli apa-apa padahal diskon lumayan. Di jalan Langit makin gelap selain dah menjelang maghrib juga mendung gelap banget. Kayaknya waktunya pulang. Saya menuju Minasa Upa rumah Bapak Puji yang sudah saya anggap orang tua ku di Makassar. Sampai di Rumah Hujan turun deras banget untung kami di rumah.

Tulisan Ini belum selesai nanti saya sambung kembali di Makassar Jilid 2 (cerita dwilogi hehe...) Saya mesti kembali kerja dulu besok deh insya Allah saya sambung kembali.


5 comments:

Mama Rafi said...

halah pa pake jilid 1 segala, mentang2 baru baca ketika cinta bertasbih jd ikutan bikin dwilogi ck..ck..ckk..

Anang said...

yup kapan2 dicoba ya... hehe.. tengs pak..

mpokb said...

sekali jalan 3,5 jam? jauh juga perjalanannya.. untung ada sop konro yak..

na said...

wew, adaq di gramedia fair waktu hari sabtu??
adaka juga disana, sama rara dan ndy. dari jam 12 sampe jam 4 sore. coba diray diii', sekalian kopdar ki.
besoknya toh, ahad, ada pertemuan blogger di rumahnya mamir di antang. ada sekitar 16 orang yang hadir. ramee...
duuuhhhh.. coba ditau diii'..bilang adaki dimakassar.

na said...

wew, adaq di gramedia fair waktu hari sabtu??
adaka juga disana, sama rara dan ndy. dari jam 12 sampe jam 4 sore. coba ditau diii', sekalian kopdar ki.
besoknya toh, ahad, ada pertemuan blogger di rumahnya mamie di antang. ada sekitar 16 orang yang hadir. ramee...
duuuhhhh.. coba ditau diii'..bilang adaki dimakassar.